LATAR BELAKANG DAN JENIS JARINGAN

     Pada tahun 1940-an, di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama-sama. Hal ini terus berkembang hingga pada tahun 1950-an, terciptanya jenis-jenis komputer mulai bervariasi sampai terciptanya super komputer. karena mahalnya harga perangkat komputer, ada tuntutan bahwa sebuah komputer harus mampu beberapa terminal.
Tuntutan inilah yang mendasari konsep distribusi proses berdasarkan waktu, yang dikenal dengan nama TSS "Time Sharing System", bentuk aplikasi pertama kali sebuah jaringan "Network" komputer. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah komputer host.

selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi "Distributed Pocessing". Dalam proses ini bebrapa komputer host "server" mengajaran sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk melayani bebrapa terminal yang tersambung secara seri setiap host.

ketika ukuran komputer mengecil dan harga kompouter mulai turun serta konsep proses distribusi sudah matang, komputer dan jaringannya sudah mulai digunakan untuk beragam aktivitas seperti menangani proses bersama atau komunikasi antara komputer "Peer to Peer System". Aktivitas tersebut dilakukan tanpa melalui komputer pusat. Pada saat ini teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN "Local Area Network" mulai berkembang. Demikian pula ketika internet diperkenalkan, sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai saling berhubungan dan membentuk jaringan raksasa di tingkat dunia yang disebut dengan WAN "Wide Area Network".
SHARE

Author

“Tak perlu menjadi orang lain ketika ingin di puja atau dipuji, karena yang terpenting adalah ketika dirimu mampu menerima segala kekuranganmu dengan lapang dada.”

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: